Nilai untuk LOLOS SNMPTN 2016

Assalamualaikum wr. wb! Kalian siswa-siswi angkatan 2016 pasti bertanya-tanya, berapa sih nilai yang dibutuhkan untuk lolos atau masuk SNMPTN ke UGM, UI, ITB, UNPAD, UNSOED, UNDIP, UPI, dll? Apakah nilai saya cukup untuk lolos SNMPTN? Kalian akan menemukan jawabanya disini.

Disini saya akan membagikan nilai rapot saya dari semester 1 sampai 5. Kenapa tidak sampai semester  6? Karena nilai yang digunakan untuk seleksi SNMPTN hanya dari semester 1 sampai 5. Perlu kalian ketahui nilai rapot saya tidak terlalu besar. Ingat SNMPTN bukan hanya sekedar nilai besar, tapi kalian harus memiliki strategi. Kalian harus berfikir bagaimana caranya dengan nilai yang kecil tapi bisa lolos SNMPTN. Langsung saja ini nilai rapot saya:

Nilai yang dibutuhkan untuk LOLOS SNMPTN 2016
Nilai yang dibutuhkan untuk LOLOS SNMPTN 2016


BARU!!! Mulai Bulan November 2018 saya akan live di youtube dan menjawab pertanyaan-pertanyaan kalian semua mengenai SNMTPN 2019. Subscribe di youtube.com/c/irvancip . Sampai berjumpa di Bulan November!!!

No.3 sampai 8 sengaja tandai. Itu adalah mata pelajaran yang di UN-kan untuk jurusan IPA. Kenapa saya menandai pelajaran IPA? Konon katanya ada beberapa universitas yang hanya melihat nilai mata pelajaran yang di UN-kan saja untuk seleksi SNMPTN. Benar atau tidaknya saya belum tahu. Nilai saya memang naik turun, namun rata-rata tiap semesternya Alhamdulillah selalu naik. Oiya, saya pernah mendengar katanya nilai mata pelajaran yang berhubungan dengan prodi yang kalian pilih juga mempengaruhi. Jadi misalkan kalian memilih prodi pendidikan biologi, nilai biologi kalian harus besar. Mungkin itu benar. Karena saat SNMPTN saya memilih teknik elektro, jika melihat nilai rapot diatas memang nilai fisika saya cukup besar. Mungkin itu yang membuat saya lolos.
Ingat SNMPTN bukan hanya sekedar nilai besar, tapi kalian harus memiliki strategi untuk bisa lolos.
KKM di sekolah saya adalah 75. Jika sekolah kalian memiliki KKM yang lebih besar, itu akan berdampak baik karena nilai kalian pasti akan besar juga. Nilai rapot saya bisa kalian jadikan sebagai strategi, jika nilai kalian lebih besar peluang kalian cukup besar untuk lolos SNMPTN. Namun jika nilai kalian lebih kecil dari nilai saya, kalian harus berfikir supaya bisa lolos.

Baca:
Add official account LINE Tips Trik SNMPTN untuk mendapatkan info dan update terberu seputar SNMPTN, klik add. Nah itu adalah nilai rapot yang saya gunakan untuk bisa lolos SNMPTN. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan bisa bertanya di komentar. Terima kasih. Wassalamualaikum wr. wb.

195 comments

  1. kalau bleh tau kakak llus di universitas apa kak? soalnya sy liat nilai fiskanya msih rendh tuh... jdi sy rgu nhe.. mhon pnjlsannnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya lulus di Universitas Pendidikan Indonesia. Iya, kalo dilihat nilai fisika saya memang tidak terlalu besar. Ingat SNMPTN bukan hanya nilai besar tapi butuh strategi untuk lulus

      Delete
    2. Emang strateginya gimana kak??

      Delete
  2. Gan itu agan alumni dari SMA mana ?

    ReplyDelete
  3. Kak kalau dari sekolah saya belum ada alumni yang daftar di universitas yang ingin saya tuju peluang saya di terima gimana? And mau tanya kalau PG pend.biologi UPI sekarang berapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua orang punya peluang untuk lolos SNMPTN. Dari berbagai artikel yang saya baca dan berdasarkan pengalaman, alumni adalah faktor yang paling penting. Saran saya pilih univ yang banyak alumni dari sekolah kita. Untuk PG pendidikan biologi saya tidak tahu karena yang mengeluarkan PG biasanya lembaga bimbel. Untuk SNMPTN jangan melihat PG karena PG digunakan sebagai acuan saat SBMPTN

      Delete
  4. kak, apa nilai rapor untuk daftar snmptn itu minimal harus 7?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak tahu pasti berapa nilai minimal untuk mendaftar SNMPTN, yang penting nilai kamu di atas KKM

      Delete
  5. lha kalo misalnya nilai rapor saya naik turun tapi rata"nya naik stabil apa bisa dijamin masuk snmptn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ada yang bisa ngejamin lolos atau gagal di SNMPTN. Hanya panitia yang tahu mekanisme seleksinya seperti apa. Lihat nilai saya diatas, nilai fisika naik turun tiap semesternya tapi alhamdulillah bisa lolos

      Delete
  6. ka klo jurusan ipa milih jurusan ips bisa?
    cth : pilihan 1 :ilmu teknologi pangan USU
    pilihan 2 :bioteknologi pangan dan agroindustri U.BRAWIJAYA
    pilihan 3 :pendidikan bahasa dan sastra indonesia U.BRAWIJAYA
    tolong responnya ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung universitasnya. Nanti ketika mendaftar ga semua prodi bakal muncul, hanya prodi yang sesuai dengan jurusan kamu yang akan muncul. Dulu saya jurusan IPA, saya ga bisa milih manajemen, akuntansi, dll karena prodi tsb tidak ada dalam daftar prodi yang bisa saya pilih.

      Delete
  7. Sya mau nanya.., dulu pas klas 1 sya ambil jurusan IPS dan kls 2 dan 3 sya masuk ipa., yg mau sya tanyakan apa tidak ada pengaruhnya apa bila sya ambil jurusan yg hanya bisa di masuki oleh jurusan IPA saja., sedangkan nilai rapot yg d lihat dari semester 1-5..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya tidak terlalu berpengaruh. Dulu waktu saya kelas 10, saya belajar IPA dan IPS karena belum menggunakan kurikulum 2013. Kelas 11 saya jurusan IPA. Dan kalo tidak salah di PDSS pun nilai ekonomi, sejarah, dll dimasukan ke dalam PDSS. Jadi kalo kamu ambil jurusan IPA sepertinya nilai yang dilihat hanya nilai kelas 11 dan 12 saat kamu masuk IPA. Oiya SNMPTN tahun ini hanya diikuti oleh siswa yang masuk peringkat terbaik disekolah pada semester 3, 4 dan 5.

      Delete
  8. kak mau nanya, nilai aku smstr 2 reratanya turun dikit sih, tapi 3-5 melonjak naik, bisa kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, dulu nilai saya juga ada yang turun lalu saya perbaiki di semester selanjutnya. Alhamdulillah lolos SNMPTN.

      Delete
  9. Kak, saya mau nanya, tolong di balas ya
    SMNPTN itu nilai yg di lihat rata2 SEMESTER nya kan? Rata2 dari semster 1-5 itu harus naik
    Dan
    Bukan jumlah Rata2 per mata pelajaran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, yang dilihat rata-rata nilai rapot semester 1 sampai 5. Tapi akan lebih bagus jika nilai per mata pelajarannya pun naik.

      Delete
    2. Kak kalau misal , nilai rata -rata semester 1 = 87
      Semester 2 = 85
      Semester 3 = 88
      Itu peluangnya kecil ngga kak ?
      Trims

      Delete
  10. kak kalo saya ambil jurusan teknik sipil/arsitektur nilai yang harus naik itu nilai mapel apa aja kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak tahu pasti nilai apa saja yang dilihat untuk masuk jurusan sipil/arsitektur. Mungkin fisika dan matematika karena di jurusan teknik hampir semua mata kuliah berkaitan dengan fisika dan matematika.

      Delete
  11. kak, kalo misalnya kita milih ikut dalam seleksi snmptn, trus kita ikut lagi jalur sbmptn. Bisa gak ya kak?

    ReplyDelete
  12. Mau nanya , maksud dari peringkat terbaik semstr 3- 5 .. mksudx nilai rata2 ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nanti akan di ranking mulai dari yang tertinggi sampai terendah. Sebagai contoh ada 100 siswa di sekolah dengan akreditasi A. Kita tahu bahwa sekolah dengan akreditasi berhak mengirim 75% siswa terbaiknya. Maka siswa ranking 1 sampai 75 yang berhak ikut SNMPTN.

      Delete
  13. Mau nanya , maksud dari peringkat terbaik semstr 3- 5 .. mksudx nilai rata2 ya ??

    ReplyDelete
  14. permisi ka, saya mau tanya sekaligus minta pendapatnya. gini ka saya pengen ikut snmptn dan pilihan saya ada 2 farmasi dan matematika keguruan, nach lebih baiknya thu pilihan pertama saya itu farmasi atau matematika?
    terima kasiiiih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurut saya bandingkan jumlah pendaftar 2 prodi tersebut. Kalo memang ingin lolos saya sarankan memilih yang tidak terlalu banyak pendaftarnya.

      Delete
  15. ka mau tanya, kalo misal aku mau ambil teknik elektro undip, teknik informatika sama sistem informasi di unbraw itu baiknya yang di prioritasin yang mana dulu ya ka? mohon bantuannya ka, terimakasiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo memang ingin lolos SNMPTN, prioritaskan yang jumlah pendaftarnya paling sedikit diantara ketiga jurusan tersebut.

      Delete
  16. Ka aku mau tanya.. kok pilihan prody di UNY cuman 2 ya?? Gk ada pilihan 3-nya.. atau emang cuman dua? Terus kan saya milih dua PTN nih.. yang satu universitas favorit (UNY) dan yang kedua Universitas di daerah saya tinggal (UNILA).. nah seumpama yg diprioritaskan PTN favorit yaitu UNY (pilihan pertama) seberapa besar sih peluang diterimanya di PTN favorit tersebut?
    Plisss jawab kak!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. SNMPTN boleh memilih maksimal 2 prodi dalam satu universitas, mungkin itu yang menyebabkan kamu hanya bisa memilih 2 prodi di UNY. Kalo masalah seberapa besar peluang untuk lolos saya tidak bisa menajawab. Itu tergantung nilai dan saingan kamu. Saya pernah mendengar PTN lebih memilih mahasiswa yang berasal dari daerah tempat PTN tersebut berada.

      Delete
  17. kak aku mau minta saarannya . aku kan anak studi IPA .di nilai rapotku nilai yang paling bagus itu pelajaran biologi sama bahasa inggris. nah aku pengen masuk PTN A jurusan biologi, eh ternyata siswa di sekolahanku banyak yg minat di PTN A jurusan Biologi. apa aku harus pilih jurusan bahasa inggris padahal itu buat anak study IPS biar aku bisa keterima di PTN A ? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nilai kamu lebih besar dibandingkan teman-teman kamu atau lebih kecil? Kalo lebih besar saya sarankan kamu pilih jurusan biologi. Kalo jurusan IPA memilih jurusan IPS boleh-boleh saja. Tapi kalo menurut saya lebih baik memilih jurusan IPA.

      Delete
  18. kak. menurut kakak strategi mengurutkan pilihan di snmptn itu gimana kak ? misalnya seperti saya , mau nyoba di ipb dan usu . yang mana yg harus saya letakkan di pilihan pertama ? makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo untuk pilihan pertama itu terserah kamu, mau IPB atau USU. Yang penting lihat prodi yang akan kamu pilih, tentukan prodi yang jumlah pendaftarnya tidak terlalu banyak atau prodi yang kamu yakin bisa lolos.

      Delete
  19. mau nanya ka apa baik2 jika jurusan IPS di pilihan ke 2 sedangkan pilihan pilihan 1 dan 3 di jurusan IPA misalnya


    1.TI (unhas)
    2.pend.inggris(unm)
    3.pend.mtk(unm)

    ReplyDelete
  20. ka, saya mau tanya nih
    kalau misalnya saya ambil prodi fisika di univ. A pilihannya satunya lalu ada teman saya yang nilainya lebih tinggi dari saya ambil prodi yang sama di univ yang sama juga tapi pilihan yang ke tiga , apa bisa saya lulus di univ itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meskipun nilai kamu lebih kecil tapi kamu punya peluang untuk lolos karena kamu menempatkan prodi fisika di pilihan pertama sedangkan teman kamu di pilihan ketiga.

      Delete
  21. gan, kalo alumni itu yang di liat only tahun kemarinnya ? apa dari tahun ke tahun ? kalau alumni di sekolah saya tahun kemarin ga lbih dari 10 yg masuk di univ yang ane tuju, itu gimana gan ? mohon pencerahannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilihat dari tahun ke tahun, tapi mungkin alumni tahun sebelumnya yang akan lebih berpengaruh. 10 orang saya rasa cukup banyak.

      Delete
  22. Kak saya mau tanya. Kakak lulusan tahun brp?(lulusan SMA)

    ReplyDelete
  23. Wah sangat bermanfaat. Terimakasih banyak infonya.

    ReplyDelete
  24. Emangnya klo memilih jurusan harus dari peminat yg terendah kalo mau lolos snmptn ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak juga, memilih prodi yang jumlah peminatnya banyak pun silahkan saja

      Delete
  25. Kak,mau tanya kakak ada pake sertifikat/piagam gak pas daftar snmptm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak memasukkan sertifikat/piagam ketika mendaftar SNMPTN.

      Delete
  26. Ka,taun 2015 sekitar 50 orang dari sekolah aku lolos di UPI, aku ambil tek.arsitek, rata rata aku sekitar 85 86 an, taun 2015 ada yg lolos dari sma aku nilai nya sekitar 84 85 an, menurut kakak, prediksi untuk aku lolos atau engga? Hipotesa aja ka hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurut saya kemungkinan untuk lolos cukup besar, karena tahun sebelumnya cukup banyak yang masuk ke UPI. Semoga lolos nanti kita satu fakultas di FPTK :D

      Delete
  27. kak, mau tanya .ranking paralel satu sekolah berpengaruh apa g? mslnya nih di smt 1 dpt pringkat 4 dai 1 skolah, trus di smt 2 dpt pringkat 5 dari 1 sekolah. berpengaruh apa g kak? mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut pengalaman saya ranking paralel di sekolah tidak terlalu berpengaruh, yang penting nilai yang kita punya lebih besar dibandingkan siswa lainya yang memilih satu jurusan dengan kita.

      Delete
  28. Kak, kemungkinan diterimanya kita di pilihan ketiga itu seberapa besar? Makasih kak.

    ReplyDelete
  29. kak itu nilai raport tahun brp? maksutnya kakak lulus sma thn brp?

    ReplyDelete
  30. Selamat malam kak..
    Kak salah satu penunjang lolos snmptn kan piagam dr lomba atau olimpiade minimal juara 1-3 tingkat kabupaten/kota. Nah aku gak punya piagam kak tapi aku punya Surat Keterangan/SK dari bupati. Krn aku aktif disalah satu organisasi. Kira2 boleh apa tdk ya kak melmpirkan SK pada waktu daftr snmptn. Krn konon kesalahan dlm mendaftar itu juga bisa berpengruh dlm kelolosan snmptn. Terima kasih kak... Mohon balasannya

    ReplyDelete
  31. simulasi snmptn nya dimana ya kak? kebetulan saya di bdg juga mungkin bisa ikut simulasi. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu sekolah saya bekerja sama dengan bimbel GO.

      Delete
  32. Kak kalo rata2 nilai rapotnya ada yang turun bisa keterima snmptn ngga ka? kata guru saya jangan sampe nilainya turun, tapi nilai ekonomi saya semester 3 ini naiknya lumayan tinggi 89 saya takut pas semster 4 dan 5 nya turun, itu gimana kak? masalahnya saya mau ngambil jurusan ekonomi

    ReplyDelete
  33. Bisa dikasih contoh utk sma jurusan IPS ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk jurusan IPS tidak terlalu berbeda dengan yang saya post diatas. Pelajaran IPA tinggal diganti dengan pelajaran IPS.

      Delete
  34. Kak apakah sma swasta mempengaruhi peluang untuk lolos snmptn? Maksudnya, jikalau ada nih siswa swasta dan siswa negeri. Maka yg lebih di prioritaskan sma negeri. Benarkah begiu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tahu tentang masalah ini. Jika melihat dari peraturan SNMPTN 2016, siswa yang bisa mendaftar SNMPTN dari sekolah akreditasi A adalah 75%, B 50%, dst. Jadi menurut saya tidak ada perbedaan antara sekolah swasta dan sekolah negeri, yang penting akreditasi sekolah tersebut baik.

      Delete
  35. Saya kepingin banget jadi dokter kemarin dapet nilai kimia dari 91 turun 84 tapi biologinya masih naik, kalo udah gini gimana solusinya? Tolong dijawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusinya naikkan nilai kimia kamu di semester ini.

      Delete
  36. Kak saya mau tanya kak,di sekolah saya belum pernah ada yg lolos di FK USU kak apa ada peluang saya lulus SNMPTN buat masuk situ? Atau saya coba Sbmptn aja kak?
    Kalau FK kak mapel di raport yg mana harus tinggi kak.
    TRIms before kak. Mohon dibalas yah kak. Saya bimbang memilih jurusan karena bentar lagi saya kelas 12

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peluang pasti ada, hanya saja butuh pendukung seperti nilai, prestasi, dll. Lihat nilai rapot kamu, kamu yakin atau tidak bisa masuk ke FK USU. Kalo yakin silahkan pilih FK di SNMPTN. Untuk masalah mata pelajaran yang harus tinggi saya tidak bisa menjawab, karena tiap universitas berbeda-beda.

      Delete
  37. Ka kalo misalnya yg semester 1&2nya turun trs yg selanjutnya naik itu bisa gk ya ka??

    ReplyDelete
  38. Kak, saya kan baru naik kelas 11. Tpi nilai rata² semester 2 ku 81, nah sementara nilai rata² smester 1 yang lalu 82. Kalo rata² nya begitu masih berpeluang besar buat lolos SNMPTN nggk ya kak? Tolong dijawab, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peluang untuk lolos SNMPTN pasti ada. Mumpung masih kelas 11, tingkatkan lagi nilai rapot kamu terutama mata pelajaran yang di UN kan.

      Delete
    2. snmptn itu meninjau dari nilai per mapel atau dari nilai rata² rapot kak?

      Delete
    3. Nilai rata-rata rapot. Jadi usahakan nilai per mata pelajarannya bagus supaya rata-ratanya pun tinggi.

      Delete
  39. Saya kepingin banget jadi dokter kemarin dapet nilai kimia dari 97 turun 95 tapi biologinya masih naik, kalo udah gini gimana solusinya? Tolong dijawab

    ReplyDelete
  40. Kak kan kalo di jurusan IPA ada tuh Matematika Wajib sama Matematika Peminatan. Yang digunakan yang mana ya kak? Apakah kedua-duanya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tahu, sepertinya matematika wajib yang digunakan untuk seleksi SNMPTN.

      Delete
  41. Gan mau tanya. Ane sekarang naik ke kelas 12. Kan nilai ane rata2 tiap semesternya progresif tapi ga gede2 banget(75.5, 78, 80.26, 80.31) nah yg ane bingung apakah nanti jumlah keseluruhan nilai dari smt 1-5 dirata2kan? Trus apakah nilai yg progresif itu cukup untuk menambah persentase?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nilai semester satu sampai lima nanti di input ke web SNMPTN, jadi tidak di rata-ratakan. Nilai yang selalu naik tiap semester pasti jadi nilai tambah saat proses seleksi SNMPTN.

      Delete
  42. Kak mau tanya nih bagaimana , kl sy ingin mengambil statistika di UGM dengan nilai raport sy dri smester 1-5 stabil(75-76-81-83-dan86) dan rata2 rapor sy naik trs,sy ada piagam 6(2 juara kabupaten ,4nya juara provinsi,sy berasal dri luar yaitu lampung dan tidak ada alumni sy di ugm, dan sy mempunyai rangkung kelas yg slalu meningkat dari 13 naik ke5 naik ke2 ke2 ,dan 2.mohon jawabannya kak
    Trimaksih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nilai rapot kamu sangat baik selalu naik tiap semesternya. Kamu punya 6 piagam, saya sarankan untuk mengupload 3 piagam dengan tingkat tertinggi. Memang sulit jika belum ada alumni, karena universitas belum tahu bagaimana kemampuan siswa dari sekolah kamu. Tapi peluang untuk lolos pasti ada, kalo memang mau mengambil UGM di pilihan pertama, pilihan keduannya harus yang kamu yakin bisa lolos. Nilai kamu bagus, sayang jika salah strategi di SNMPTN.

      Delete
    2. Kl blh sy meminta saran dr kk apakah sudah bnr jika sy memilih jurusan statistika dgn nilai matematika sy yg diatas(75-76-81-83 dan 86) bagaimbakah peluang sy

      Delete
  43. Kak kalau untuk jalur PPA di upi program diploma Itu hanya nilai report saja yang dipakai atau Ada tes tertulis juga? Terimakasih

    ReplyDelete
  44. Kak kalau untuk jalur PPA di upi program diploma Itu hanya nilai report saja yang dipakai atau Ada tes tertulis juga? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf saya kurang tahu tentang jalur PPA di UPI. Bisa cari informasi di pmb.upi.edu.

      Delete
  45. kl misalnya saya milih univ A di jurusan B, terus temen saya juga pilihannya sama persis, univ A di jurusan B. sedangkan rata2 alumni sklh saya yg msk sama persis yg saya pilih kebanyakan 1 orang, tapi jurusan B itu peminatnya dikit walaupun univ A itu bagus, nah kira2 salah satu dri kita keterima/dua2nya keterima?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya jika tiap tahun ada 1 orang alumni yang masuk ke jurusan tsb, maka tahun ini pun saya rasa akan ada lagi siswa yang masuk ke jurusan tersebut. Sekolah kamu termasuk sekolah "unggulan" atau bukan? Jika iya, maka peluang untuk 2 orang masuk ke jurusan yang sama cukup besar. Tapi jika bukan "unggulan", saya rasa sulit untuk 2 orang masuk ke jurusan yang sama. Ketika saya lulus SMA hanya ada 2 jurusan yang menerima lebih dari 1 orang.

      Delete
  46. Hhhhmmm punya ku rata2nya 82, 84, 83,6 berarti ga bisa lolos dooong 😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nilai kamu turunnya ga terlalu jauh, jadi peluang untuk lolos SNMPTN masih terbuka lebar.

      Delete
    2. Gitu ya? Tapi ada yang bilang kalo seleksi SNMPTN itu nilai rapot nya harus naik terus kak. Punya ku turun :(

      Delete
    3. Memang lebih bagus kalo naik terus tiap semester, walaupun ada yang turun usahakan naik lagi di semester berikutnya. Teman saya dulu ada yang nilainya naik turun tetap lolos SNMPTN.

      Delete
    4. Alhamdulillah kalo gitu. Aku usahain semester terakhir ini bisa naik 😇

      Delete
  47. Kak kalau nilai sejarah saya tidak tuntas tapi rata2 semester naik tetap bisa lolos snmptn gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya, jika nilai sejarah tersebut masih bisa di perbaiki silahkan perbaiki dulu.

      Delete
  48. Halo kak, saya mau tanya sebenernya yg dilihat itu dari mapel yg di UN kan saja atau semua mapel? Lalu, saya ada sertifikat IELTS & TOEFL nah itu bisa dimasukkin ga ya? Soalnya saya berencana mau ngambil jurusan komunikasi UB (pengantar bahasa inggris) atau UI atau UNAIR.

    Dan sekolah saya swasta kak, akreditasnya A sih, tapi alumni yg baru lulus tahun 2016 ini hanya 3 orang saja yg masuk ke univ negri (UNUD & UNPAD). Tahun sebelumnya tidak ada yg pernah masuk negri. Disamping itu, nilai saya dari semester 1-4 pun (saya baru kelas 12) naik turun 88.7-88.5-87.2-89.0
    Kira kira bagaimana menurut kakak? Apakah ada peluang?

    Tlg dijawab ya kak. Terimakasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap universitas berbeda-beda, ada yang melihat nilai semua mata pelajaran dan ada juga yang hanya melihat nilai yang di UN kan saja. Kalau memang tidak ada sertifikat yang lain, silahkan saja upload sertifikat IELTS & TOEFL yang kamu punya. Mungkin sertfikat tersebut akan cukup membantu.
      Nilai turun tidak apa-apa asal jangan terlalu jauh. Kalo menurut saya kamu punya peluang untuk lolos SNMPTN, karena nilai kamu cukup tinggi. Mungkin kamu bisa coba daftar ke UNUD atau UNPAD karena disitu ada alumni sekolah kamu.

      Delete
  49. Kalau nilai sejarahnya tdk bisa di perbaiki lagi saya tetap bisa lolos ga kak? Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peluang untuk lolos pasti ada, sekarang tinggal menyusun strategi bagaimana caranya agar bisa lolos walaupun ada nilai yang dibawah KKM.

      Delete
  50. Kan di K13 ada pelajaran peminatan pada masing masing jurusan contohnya IPA, peminatannya yaitu Matematika kan berarti ada 2 nilai matematika di rapot, yaitu Matematika Wajib dan Matematika Minat. Yang saya mau tanyakan, saya ingin membuat rekap nilai saya, lalu saya mau me-rata2kan nilai pelajaran yg di un kan, nah saya pilih nilai mtk yg wajib apa minatnya? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tahu tentang kurikulum 2013, tapi menurut saya yang dilihat adalah nilai matematika wajib.

      Delete
    2. Trus gan saya kan sklh di SMA Swasta Akreditasi A bagaimana peluang saya pada SNMPTN nanti?? Udh gitu alumni alumni dr sklh saya cuma sedikit yg msk PTN

      Delete
    3. Memang cukup sulit jika belum ada alumni, karena universitas belum tahu kemampuan siswa dari sekolah kamu. Semua orang punya peluang untuk lulus SNMPTN, hanya saja butuh strategi.

      Delete
  51. Kak saya mau nanya kalau saya mau masuk Sastra Indonesia di UI tapi belum ada alumni dari sekolah saya yang masuk jurusan atau universitas itu gimana peluangnya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang cukup sulit jika belum ada alumni, karena universitas belum tahu kemampuan siswa dari sekolah kamu. Semua orang punya peluang untuk lulus SNMPTN, hanya saja butuh strategi.

      Delete
  52. Kak nilai b. Inggris saya ada sem 1 nya dibawah kkm (73,79,79,85) apakah saya masih ada peluang untuk snmptn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik jika nilai yang dibawah KKM diperbaiki dulu

      Delete
  53. Kak saya kan mau dftar Univ A, tp tahun lalu kakak kls saya terima d jurusan farmasi jalur sbmptn. Dan saya mau teknik sipil di Univ tsb,bagaimana itu min? Apakah kmungkinanny kecil lolos snmptn di Univ tsb .
    Jgn lupa dijawab, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peluang untuk lolos pasti ada, bukan hanya alumni yang dilihat, banyak faktor yang dilihat seperti nilai, persaingan tingkat sekolah, dll.

      Delete
  54. Kak saya mau nanya,jadi saya kelas 12 sekarang,nilai fisika saya tinggi,saat kenaikan kelas kemarin 91,saya ingin mengambil teknik sipil ui,akan tetapi nilai kimia saya di semester 3 72 padahal kkm 75,itu gmn kak?ada peluang lolos?😳

    ReplyDelete
  55. kak aku kan dari jurusan ipa tapi pengen masuk ke jurusan ips . yaitu jurusan bahasa inggris nilai bhs inggris sih naik turun waktu kurikulum 2013 nilaiku 3.60 terus 83,90,87. apakah ada peluang untuk lolos snmptn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peluang pasti ada, tidak apa-apa nilai turun asal jangan terlalu jauh.

      Delete
  56. Replies
    1. Itu nilai rapot. Gabungan nilai tugas, uts, uas, dll.

      Delete
  57. Halo kak, numpang nanya, aku dari SMA negri dan peringkat pertama pararel, tahun ini nilai ku turun dua semester tapi peringkat tetap: 85.49,87,86.96, dan 85.79, karena kkm sekolah diturunkan. kira-kira ada peluang tidak ya untuk nembus sbm itb? Thanks kak atas info nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak apa-apa nilai turun asal jangan terlalu jauh. Apakah kakak kelas kamu pernah ada yang masuk ke SBM ITB? Kalo ada maka kamu punya peluang untuk lolos. Kalau pun tidak ada coba cari informasi dari mahasiswa SBM ITB, tanya bagaimana nilai mereka saat lolos ke ITB.

      Delete
  58. Kak saya mau tanya
    Nilai rapor saya semester 1-3
    90,1 ; 83,8 ; 83,4
    Apa tidak bisa lolos SNMPTN? kalau bisa apa yang harus saya lakukan untuk semester selanjutnya?
    Mohon dijawab Kak. Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peluang untuk lolos SNMPTN pasti ada. Untuk semester selanjutnya kalau bisa naikkan lagi nilainya.

      Delete
  59. Kak itu yang penting nilai harus diatas KKM dan setiap semester harus naik kan? saya takut soalnya saya baru masuk SMA dan nilai semester pertama saya jelek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul. Lebih baik jelek diawal lalu meningkat tiap semesternya.

      Delete
  60. Kak, saya mau tanya. Nilai sejarah saya yang semester tiga ini kan turun, dari 85 ke 83. Kira-kira, nilai sejarah itu berpengaruh besar ga ya untuk snmptn jalur ipa? Tapi, untuk rata2nya alhamdulillah naik. Saya cuma takut aja sama nilai sejarah saya. Kira2 nilai sejarah itu berpengaruh besar banget ga ya buat sn jalur ipa? Atau biasa aja?
    Tolong dijawab ya, kak. Makasii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya tidak apa-apa ada nilai yang turun, asal jangan terlalu jauh. Dari 85 ke 83 masih wajar. Nilai saya pun banyak yang naik turun, tapi alhamdulillah bisa lolos.

      Delete
  61. Kak kan sekolah saya waktu semester 1 dan 2 nya KKM gak jelas, jadi nilai saya kecil ada yang 70, tapi setelah semester 3 ada KKM 75. Saya bingung kak nanti kedepannya gimana. Tapi buat pelajaran fisika kimia sama matematika nya Alhamdulillah besar. Menurut kakak saya bakal lolos gak ke universitas favorit?

    ReplyDelete
  62. Kak aku nilai sem3 trun 4 point tp itu bukan mapel yang diUN kan untuk jurusn ipa trus gimana kak apakah masih ada peluang??
    Replay ya kaka makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peluang untuk lolos pasti ada. Kalau bisa ditingkatkan lagi di semester selanjutnya.

      Delete
  63. Permisi kak saya mau tanya,Saya dari jurusan ips, nah nilai rata rata sem4 saya 86,5 dan sem5 ini jdi 85,7 apa masih ada peluang snmptn? Lalu saya ingin mengambil prodi adm.bisnis di univ A, tetapi nilai ekonomi saya waktu sem4 95, dan sem5 ini turun jadi 81 kak. Apa masih ada peluang snm? Tolong dijawab ya kak, makasih��

    ReplyDelete
  64. Kak saya mau ke jurusan sastra jepang unpad nih dan klo di lihat peminatnya ga terlalu banyak, tapi saya mau ke sastra jepang sebenarnya.
    Karna sastra jepang di unpad IPS sedangkan saya IPA.kira-kira memungkinkan untuk lulus SNMPTN ga? Menurut kk.
    Terus kk bilang mata pelajaran yg berhubungan dgn prodi juga berpengaruh.
    Dari semester 1 - 5 untungnya sy punya nilai sastra jepang, kira-kira memungkinkan u'lolos bersaing walau sy tdk punya 4 mapel IPS ?
    Makasih :)

    ReplyDelete
  65. assalamualaikum kak.. kak, kalo misalnya nilainya ada yang turun karena nilai kkm semester sekarang turun, apa kalo mau snmptn berarti nilai di semester sebelumnya yang kkm nya lebih tinggi itu berarti harus di konversi dulu ke nilai kkm yang sekarang (kkm sebenarnya) atau gimana ya kak? makasih..

    ReplyDelete
  66. assalamualaikum kak.. kak, kalo misalnya nilainya ada yang turun karena nilai kkm semester sekarang turun, apa kalo mau snmptn berarti nilai di semester sebelumnya yang kkm nya lebih tinggi itu berarti harus di konversi dulu ke nilai kkm yang sekarang (kkm sebenarnya) atau gimana ya kak? makasih..

    ReplyDelete
  67. Kak kan nilai fisika saya turun di semester 3 ke semester 4 turunnya itu 3 angka kak dari 94 ke 91, trus saya ingin ngambil teknik elektro ui, kira2 ada peluang gk kak saya lolos snmptn ? Makasih

    ReplyDelete
  68. Kak saya mau ngambil jurusan teknik fisika, tapi rata² fisika saya diantara semua mapel un paling jelek, 86,87, sedangkan yang lainnya 9 keatas
    Itu peluangnya bagaimana ya kak?
    Sebenarnya saya juga ada keinginan untuk ambil teknik kimia (rata²=93,17) tapi lebih banyak ke teknik fisika
    Gimana ya kak? Terimakasih

    ReplyDelete
  69. Kak saya mau ngambil jurusan teknik fisika, tapi rata² fisika saya diantara semua mapel un paling jelek, 86,87, sedangkan yang lainnya 9 keatas
    Itu peluangnya bagaimana ya kak?
    Sebenarnya saya juga ada keinginan untuk ambil teknik kimia (rata²=93,17) tapi lebih banyak ke teknik fisika
    Gimana ya kak? Terimakasih

    ReplyDelete
  70. Assalamu'alaikum. Kak, bagaimana jika tidak ada satupun alumni SMAku yang mengambil jurusan yang aku inginkan di semua universitas. Bagaimana peluangku? Terus nilai rata-rata semesterku menurun :/

    ReplyDelete
  71. kak aku mau nanya misalnya sya mau coba sn fkg nya unej tpi tman aku yang lain jga mndftar fkg tpi di unhas ,tpi nilai tmnku lbih tggi , trus alumni dskolahku blum prnh ada di unej ,apa aku ada pluang kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak masalah karena teman-teman kamu memilih fkg yang beda univ dengan yang akan kamu pilih. Alumni memang cukup berpengaruh, tapi bukan berarti tidak ada peluang. Mungkin kamu bisa jadi alumni pertama yang masuk ke unej.

      Delete
  72. kak mau tanya misalnya pilihan prtama: Biologi PTN A , pilihan ke 2 : biologi PTN B & pilihan ke 3: pend b.ingg PTN B. kalau nilai biologi aku sih nggak bagus" amat malahan lbih bagus yg b.ingg. Tpi nilai ku yg Biologi stabil & yg b.ingg turunnya agak bnyak. terus baiknya gimana ya kak aku lebih memprioritaskan yg biologi apa yg pend b.ingg ?

    ReplyDelete
  73. Kak, aku dari luar kota. SNMPTN rencananya mau ambil jurusan PLB di upi. Tapi nilai aku banyak yang turun : 80.57,79.56,82.84,81.07,dan 80.41. Apa ada peluang untuk nila semester yang gak terlalu bagus? Dan alumni belum ada yang masuk disitu, sedangkan di daerah aku belum ada Pendidikan Luar Biasa. Respon kak😊😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peluang pasti ada. Jika kamu memang mau masuk prodi PLB silahkan dicoba di SNMPTN.

      Delete
  74. kak klo passing grade berpengaruh nggk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya pribadi, dalam SNMPTN passing grade hanya sebagai acuan seberapa tingkat persaingan di tiap program studi.

      Delete
  75. Mau tanya kak, kakak kan lulus di UPI tuh, tempat tinggal kakak seprovinsi sama UPI atau engga? Karna kan banyak informasi yang bilang kalau universitas lebih mementingkan putra daerah. Dan satu lagi, menurut info juga meletakkan urutan pilihan univ di snmptn itu harus sesuai dengan rangking universitas ya kak? Misalnya ptn A rangkingnya lebih baik dari ptn B maka ptn A harus diletakkan di pilihan pertama. Kalau kita letakkan di pilihan kedua dan univ B kita letkkan di pertama maka secara otomatis kita gak lulus. Kira kira itu bener gak kak? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya SMA di Bandung, jadi masih satu kota dan satu provinsi dengan UPI. Saya kurang tahu tentang itu, tapi jika melihat dari data penerimaan mahasiswa di tiap univ memang lebih banyak mahasiswa yang satu provinsi dengan univ tersebut.
      Memang banyak yang bilang seperti itu, dan saya pun menerapkannya saat daftar SNMPTN. Logikanya ketika kita meletakkan misal ptn ranking 10 di pilihan 1, lalu ptn ranking 1 di pilihan kedua. Menurut saya jika di pilihan kesatu gagal, apakah mungkin kita akan diterima dipilihan kedua? Tentu peluangnya akan kecil. Tapi tidak selalu seperti itu, dan kasus diatas hanya gambaran saja.

      Delete
  76. Kak kalo rata2 smt 1 89 tpi di smt 2 jadi 83 itu apa masih bisa lolos SNMPTN?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peluang masih ada, kalo ditingkatkan lagi di semester selanjutnya.

      Delete
  77. Kak mau nanya, nilai saya hampir keseluruhan sama kaya nilai kakak, nilai fisika saya rata2 dari semester 1-5 itu 84.4, itu kira2 bisa masuk teknik elektro undip ga ya?

    ReplyDelete
  78. kak kalau nilainya naik turu itu gimna ya?? kira kira lolos gak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peluang untuk lolos pasti ada, saya juga naik turun nilainya.

      Delete
  79. kak kalau turunnya sampe 10 point gimana ya kak:(
    respon ya kak lagi bingung soalnya

    ReplyDelete
  80. Assalamualaikum kak, salam sejahtera bagi kita semua.,.,.,.,
    ka mau nanya.,.,. seberapa besar peluang snmptn bagi SMK Swasta tapi Akreditasi A nilai saya 87,00 87,25 87,50 87,75 82,00 tidak ada alumni juga yg kuliah di PTN pilihan saya.,.,.,.
    Saya berminat di Pendidikan Ekonomi (Administrasi Perkantoran) UNJ
    Saran dan masukannya ditunggu kak.,.,.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  81. Assalamualaikum kak, salam sejahtera bagi kita semua.,.,.,.,
    ka mau nanya.,.,. seberapa besar peluang snmptn bagi SMK Swasta tapi Akreditasi A nilai saya 87,00 87,25 87,50 87,75 82,00 tidak ada alumni juga yg kuliah di PTN pilihan saya.,.,.,.
    Saya berminat di Pendidikan Ekonomi (Administrasi Perkantoran) UNJ
    Saran dan masukannya ditunggu kak.,.,.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  82. Kak mau tanya..sekolah saya kkmnya 78 terus saya kimia dapat 89...terus teman saya dari sekolah lain kkm sekolahnya 85 terus nilai kimianya 96 mana yang lebih dipilih untuk masuk kedokteran..mohon dijawab ya kak..

    ReplyDelete
  83. Kak untuk jurusan pertanian di ugm apa syarat nya kak

    ReplyDelete
  84. Kak untuk jurusan pertanian di ugm apa syarat nya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk SNMPTN persyaratannya semua sama. Mungkin jurusan seni dan olahraga yang sedikit berbeda. Untuk jurusan pertanian UGM bisa tanya langsung ke pihak UGM nya supaya tidak ada salah informasi.

      Delete
  85. misi kak kalau misalnya nilai saya yang tdiya dpt 95 di semester 2 tapi pas disemester 3 turun jadi 81(pel MTK) kira2 peluang utk masuk PTN melalui jalur rapot berpengaruh besar atau nggak yh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peluang masih ada, sebisa mungkin dinaikkan lagi di semester selanjutnya. Karena nilai saya pun banyak yang turun naik tapi Alhamdulillah bisa lolos SNMPTN.

      Delete
  86. Permisi kak mau nanya. Kan di nilai rapot sekarang untuk seluruh mapel ada 2 nilai,pengetahuan dan keterampilan. Kira kira yang akan dilihat rata2nya untuk syarat lolos snmptn nilai yang mana ya kak? Pengetahuan saja atau keterampilan atau keduanya digabung? Terimakasih

    ReplyDelete
  87. Permisi kak mau nanya. Kan di nilai rapot sekarang untuk seluruh mapel ada 2 nilai,pengetahuan dan keterampilan. Kira kira yang akan dilihat rata2nya untuk syarat lolos snmptn nilai yang mana ya kak? Pengetahuan saja atau keterampilan atau keduanya digabung? Terimakasih

    ReplyDelete
  88. Permisi kak mau nanya. Kan di rapot sekarang ada dua nilai untuk semua mapel yaitu, pengetahuan dan keterampilan. Kira2 rata rata nilai apa yang dibutuhkan untuk lolos snmptn kak? Pengetahuan saja atau keterampilan atau keduanya? Terimakasih

    ReplyDelete
  89. Permisi kak mau nanya. Kan di rapot sekarang ada dua nilai untuk semua mapel yaitu, pengetahuan dan keterampilan. Kira2 rata rata nilai apa yang dibutuhkan untuk lolos snmptn kak? Pengetahuan saja atau keterampilan atau keduanya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya keduanya dilihat, tapi yang lebih di prioritaskan mungkin nilai pengetahuannya.

      Delete
  90. gan, kalau nilai rapor kita turun dari semester pertama ada kemungkinan ga buat diterima di PTN lewat jalur SNMPTN?

    ReplyDelete
  91. gan, kalau nilai rapor semester 2 kita turun dari semester 1, terus pada semester 3 nilai rapor kita naik. nah, ada kemungkinan ga buat kita bisa diterima di PTN lewat jalur SNMPTN?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peluang pasti ada, teman-teman saya banyak yang seperti itu dan lolos SNMPTN.

      Delete
    2. Kalau saya liat nilai rata rata persemester mimin tuh naek 1 angka atau lebih. Nah, gimana kalau nilai rata rata kita tuh naek 2 angka dibelakang koma misal nilai semester 1 kita adalah 76,25 terus nilai semester 2 kita 76,625. Nah, menurut mimin masih ada kemungkinan buat masuk PTN lewat jalur SNMPTN?

      Delete
    3. Nilai yang stabil pun sebenarnya sudah bagus, misal dari semester 1 sampai 5 kita dapat 80 terus. Tidak ada peningkatan atau penurunan, tapi memang lebih bagus lagi jika ada peningkatan di tiap semesternya.

      Delete
    4. Min, gimana kalau nilai rata rata rapor kita tuh <80. Banyak yang bilang kalau mau masuk PTN lewat jalur SNMPTN nilai rata rata nya harus >80. Bener gak sih min?

      Delete
  92. Min, gimana kalau nilai rata rata rapor kita tuh <80. banyak yang bilang kalau mau masuk PTN lewat jalur SNMPTN nilai rata rata nya harus >80. bener gak sih min?

    ReplyDelete
  93. Kak, nilai rata2 semester 1 dan 2 aku 84. Tapi nilai rata2 semester 3 aku anjlok banget 80, nilai rata2 semester 4 aku 81.
    Kira2 aku lolos di snmptn gak ya kak?
    Emng bener ya kak kalo nilai pelajaran mulok (pelajaran tambahan dari sekolah) gak di itung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh kak salah deng,, kan nilai rapot aku ada kognitif sama psikomotorik. Nah nilai sbk aku semester 3 dan 4 yg kognitif gak ada,, adanya nilai yg psikomotoriknya. Jadi, cara rata2 nilai semester 3 dan 4 gimana kak? Apa nilai psikomotorik sbk dianggep nilai kognitifnya atau gimana kak? Terimakasih kak sebelumnya

      Delete
  94. Kak mau nanya tolong di jawab ya hehe..
    nilai rapot aku dari semester 1-4 tu naik terus dari 84, 84,9, 85, 87
    Nahhh tapi pas semester 4 tu nilai bahasa inggrisku turun dari 84,85,85,82 nahh aku kan pengen masuk di undip jurusan kimia murni laa nilai kimiaku dari semester 1-4 tu Dari 80,90,91,92 itu kira2 masih bisa lolos nggk ya di snmptn ?? Dulu alumni juga keterima snmptn ada 2 anak di undip kimia murni tahun 2015 tapi yang 2016 belok tau kira2 masih ada peuang untuk lolos nggk ya kak ?
    Terimakasi

    ReplyDelete
  95. Kak mau tanya, kalau rangking 1-3 dikelas itu belum menjamin bisa lolos seleksi snmptn di sekolah yang 50/75% an itu ya kak? Kak mohon dijawab

    ReplyDelete
  96. Kak mohon banget di jawab
    Kak Nilai rata2 saya dari semester 1-5 (71,3 80,3 82,9 85,9 88,2) nilai semster 1 saya kecil2 semua hampir 70an tapi diatas KKM semua. Alhamdulillah saya ranking 1 semester 3,4 dan 5 saya ada piagam juara 1 kelas(ada 3)+ juara umum 1 saya dari jurusan ips. Saya ingin masuk di unsri(Palembang) tahun lalu yang masuk di unsri dari sekolah saya ada 10 orang tetapi tidak ada yang masuk di jurusan yang saya inginkan (akuntansi) itu kira2 saya dapat tidak kak SNMPTN? Makasih
    Mohon dijawab kak mohon banget.

    ReplyDelete
  97. Gan Misalnya salah satu nilai diluar mata pelajaran UN yang dibawah KKM masih bisa diterima di SNMPTN ? walaupun pelajaran yang UNkan diatas rata" semua

    ReplyDelete
  98. Gan itu rata-rata per semesternya dijumlahkan sama nilai praktek ?

    ReplyDelete
  99. Gan itu rata-rata per semesternya dijumlahkan sama nilai praktek ?

    ReplyDelete
  100. Kak ? Waktu lulus sekolah ambil univ apa ?dan jurusan apa ?

    ReplyDelete
  101. Assaklamu'alaikum k
    permisi mau numpang tanya
    klo prodinya IPA kira-kira bisa g ya ngambil prodi IPS misalnya ngambil jurusan pendidikan b.jepang ?
    trus apa nilai rapot mata pelajaran yang kita ambil untuk jurusan tersebut mempengaruhi lolos SNMPTN ?
    sama kaya yg lain juga k, apakah ada kesempatan untuk kita yg alumni sebelumnya g ada di univ A (misal) ?
    terimakasih k
    maaf bila ada salah kata

    ReplyDelete
  102. Kak mau nanya. Gimana kalau alumni sekolah kita tahun lalu ada yg lulus sn di prodi dan univ yg kita inginkan tapi alumni ini dulunya masuk peringkat umum. Apakah kita yg ngk masuk peringkat umum bisa berpeluang lulus juga di prodi dan univ itu

    ReplyDelete
  103. Bang, nilai saya dr smster 1-5 di rata2kan 82,3. Klo mau ambil teknik sipil di luar jakarta tp didaerah jawa kira2 dimana ya bang? (Target upn jogja)

    ReplyDelete
  104. Kk mau nanya, klo jurusan ipa nilai rata" yg dihitung itu semua pelajaran ato cuma peljaran ipa aja?
    Btw aku msih kelas 11

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kampus dan jurusannya, ada yang melihat semua mata pelajaran dan ada juga yang hanya melihat nilai jurusan IPA nya saja,

      Delete
  105. kak mau nnya, saya dari jurusan ipaa mau ngambil ilmu komunikasi di usu tinggal sYa di riau, apakah peluang masuknya besar? tapi alumni tdk ada yg mengambil jurusan yg sama di usu

    ReplyDelete
  106. Kak apa kkm dipertimbangkan dalam snmptn? Soalnya kkm saya kecil, 67. Jd nilai saya cenderung kecil. Rata2 keseluruhan 82. Mohon dijawab

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon