Tips Trik Memilih Jurusan di SNMPTN 2016

Assalamualaikum. Kali ini saya akan membahas tentang tips trik atau strategi pemilihan jurusan di SNMPTN 2016 supaya memperbesar peluang untuk lolos. Selain nilai rapot kalian juga harus memiliki strategi untuk bisa lolos SNMPTN (Baca: Tips Trik SNMPTN 99% LOLOS), dan salah satu strateginya adalah dengan memilih jurusan atau program studi yang tepat. Banyak siswa yang tidak lolos karena salah memilih jurusan atau ada yang terlalu memaksakan untuk masuk ke jurusan yang tingkat persaingannya sangat tinggi. Berikut adalah Tips Trik Memilih atau Menentukan Jurusan di SNMPTN:

1. Jangan Memilih Program Studi yang Tingkat Persaingannya Tinggi

Dalam pemilihan prodi di SNMPTN usahakan jangan memilih prodi dengan tingkat persaingan yang tinggi. Baca: Jurusan Paling Banyak diminati di SNMPTN 2015. “Kak, bagaimana kalo prodi itu tidak sesuai dengan minat dan bakat saya?”, memang dalam mengambil jurusan di perkuliahan harus sesuai dengan minat dan bakat supaya kita semangat dalam menjalani perkuliahan. Tapi kalian juga harus memperhatikan nilai yang kalian miliki. Baca: Nilai yang dibutuhkan untuk Lolos SNMPTN

Kasus 1
Adi memiliki bakat di bidang IT dan dia ingin melanjutkan kuliah di jurusan Teknik Informatika. Kita semua tahu bahwa jurusan Teknik Informatika memiliki tingkat persaingan yang tinggi hampir di semua universitas. Jika Adi memiliki nilai rapot yang besar tidak ada salahnya untuk mencoba tapi jika Adi memiliki nilai rapot yang kecil saya rasa kecil peluang Adi untuk lolos.

Kasus 2
Karina memiliki bakat di bidang X, rencanaya dia ingin melanjutkan kuliah yang berhubungan dengan bakat yang ia miliki. Nilai rapot Karina biasa saja, tapi ia sangat ingin masuk ke jurusan X dan kebetulan jurusan tersebut tidak terlalu banyak peminatnya. Menurut saya peluang Karina untuk lolos SNMPTN cukup besar karena jurusan X memiliki tingkat persaingan yang rendah.
Tips Trik Memilih Jurusan di SNMPTN 2016
Tips Trik Memilih Jurusan di SNMPTN 2016
Kesimpulanya kalian boleh memilih jurusan apa saja di SNMPTN baik yang memiliki tingkat persaingan tinggi maupun rendah hanya saja kalian juga harus sadar berapa nilai rapot yang kalian miliki, jangan terlalu memaksakan. Ingat SNMPTN hanya sekali seumur hidup, gunakanlah kesempatan ini sebaik mungkin. Jika kalian sangat ingin kuliah di jurusan yang sesuai minat dan bakat yang kalian miliki, saya sangat mendukung keinginan kalian. Ingat pilihan ada ditangan kalian.

 2. Konsistensi Pemilihan Program Studi

Panitia SNMPTN memperbolehkan kalian memilih 3 jurusan. Usahakan ketiga jurusan yang kalian pilih saling berkaitan. Saya juga tidak begitu tahu tentang masalah ini, dulu saya membacanya disebuah artikel dan saya coba sendiri di SNMPTN 2015 dan Alhamdulillah sukses. “Katanya” jika kalian tidak konsisten dalam memilih prodi, panitia SNMPTN akan menganggap kalian tidak serius.

Contoh 1
Pilihan 1: Teknik Sipil Universitas A
Pilihan 2: Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas A
Pilihan 3: Pendidikan Biologi Universitas B

Contoh 2
Pilihan 1:  Teknik Geologi Universitas A
Pilihan 2: Teknik Geologi Universitas B

Dari kedua contoh diatas mungkin contoh 2 yang akan lolos SNMPTN karena dia konsisten memilih jurusan teknik geologi. Hal tersebut juga saya terapkan saat SNMPTN 2015, waktu itu saya memilih jurusan Teknik Elektro di 2 Universitas dan ternyata lolos. Entah kebetulan atau memang benar bahwa kita harus konsiten dalam memilih prodi. Tapi teman-teman saya pun banyak yang lolos padahal prodi yang dipilih tidak saling berkaitan. Sekali lagi pilihan ada ditangan kalian.

Mungkin baru 2 tips yang bisa saya sampaikan, Insya Allah akan saya tambah. Ingat pilihan ada ditangan kalian jangan terlalu terpaku kepada artikel yang saya buat ini. Tetap semangat para pejuang SNMPTN 2016! Wassalamualaikum.

2 comments

  1. assalamu'alaikum. kak, numpang nanya.
    1)kalo ikut kategori seni tuh kan mesti ada portofolio. penilaianny itu setau dhea 60% porto dan 40% nilai. berarti nilai raport saya yang biasa-biasa saja bisa pengaruh gak kalo porto-nya bagus? kebetuln universitas yang saya pilih terbaik di indo.
    2) trus pengen nannya lagi nih klo saya milihnya contoh :
    1. FSRD ITB
    2. Teknik elektro dan informatika ITB
    3. Teknik Elektro UNIB
    gimana peluangnya? diataskan ada dua contoh tuh, nah yang ini agak aneh kak.
    terimakasih.

    ReplyDelete
  2. Kak kalo misalanya saya pilih
    1. Kedokteran Gigi Universitas X
    2. Ahli Gizi Univesitas X
    nah kalo saya pilih kayak gitu kak. 2 prodi yang beda tapi sama-sama dibidang kesehatan dan dalam satu universitas yang sama. Tolong kasih solusinya

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon