Pengertian SKS dalam Kuliah

Pengertian Arti SKS dalam Kuliah. Assalamualaikum wr. wb. Mungkin disini sudah banyak yang tahu mengenai pengertian dari Satuan Kredit Semester atau yang biasa disebut SKS. Lalu jika sudah banyak yang tahu kenapa saya membuat artikel ini? Alasannya adalah, beberapa waktu yang lalu ketika ada kegiatan penerimaan mahasiswa baru banyak sekali mahasiswa baru yang bertanya tentang SKS. Meskipun mereka sudah memiliki KRS (Kartu Rencana Studi), tapi mereka masih bingung tentang SKS. Maklum biasanya mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa baru sudah satu paket alias sudah disediakan oleh pihak universitas.  Saya berharap artikel yang saya buat ini bisa bermanfaat bagi mahasiswa baru yang masih kebingungan soal SKS.

Langsung saja ke pengertian atau arti dari SKS yang saya kutip dari id.wikipedia.org. SKS adalah singkatan dari Satuan Kredit Semester. Sistem SKS ini digunakan umumnya di perguruan tinggi. Dengan system ini, mahasiswa dimungkinkan untuk memilih sendiri mata kuliah yang akan diambil dalam satu semester. Bingung? Oke akan saya jelaskan dalam pengertian yang lebih sederhana. Jika dalam sekolah kita mengenal “Jam pelajaran”, di perkuliahan kita mengenal “SKS”. Contoh saat SMA kelas tiga, ada mata pelajaran matematika 2 jam pelajaran. Satu jam pelajaran biasanya 45 menit, maka pelajaran matematika tersebut 90 menit. Nah, di perkuliahan saya mengambil mata kuliah Matematika Teknik, 3 SKS. Satu SKS samadengan 50 menit, jadi saya belajar di kelas 150 menit perminggu untuk mata kuliah matematika teknik. Iya, satu mata kuliah biasanya kita hanya bertemu seminggu sekali, tidak seperti SMA yang bisa satu minggu bisa sampai 2 kali pertemuan atau lebih. Jika kita mengambil 20 SKS tiap semester, maka kita harus menjalani perkuliahan selama 1000 menit atau kurang lebih 16 jam perminggu selama satu semester. Sudah mulai paham?
Pengertian SKS dalam Kuliah
Pengertian SKS dalam Kuliah
SKS ini adalah beban yang harus diselesaikan oleh seorang mahasiswa dalam menyelesaikan kuliahnya. Untuk program S1 seorang mahasiswa harus menyelesaikan 144-160 SKS. Sedangkan program D3 harus menyelesaikan 110-120 SKS. Contoh, saya seorang mahasiswa program S1, beban yang harus saya selesaikan adalah 160 SKS. Jika saya mengambil 20 SKS tiap semester, maka saya dapat menyelesaikan kuliah selama 8 semester alias 4 tahun. Jika kalian mengambil lebih banyak SKS per semester maka kuliah kalian pun akan cepat selesai. Namun biasanya ada syarat tertentu untuk mengambil jumlah SKS, seperti IP semester sebelumnya.

Nah, itu adalah arti atau pengertian SKS dalam perkuliahan. Mungkin sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang salah atau ingin memperbaiki penjelasan saya bisa berkomentar dibawah. Wassalamualaikum wr. wb.

0 Comments

Post a Comment